Pentingnya Freon AC

Jasa Service AC

Saat ini banyak orang yang mengandalkan AC di musim panas untuk membuat udara tetap sejuk dan nyaman, baik itu di mobil atau rumah dan sudah tak asing lagi dengan yang namanya Freon. Freon adalah chlorofluorocarbon (CFC) yang telah banyak dikaitkan dengan penipisan ozon, sehingga beberapa orang telah meninggalkan penggunaannya.

Sebelum melanjutkan ke fungsi freon marilah simak penjelasan Freon dan apa yang terjadi dengan penggunaannya, sehingga Anda dapat memahami dengan baik apa yang perlu Anda lakukan dengan unit AC Anda.

Freon adalah gas tidak berwarna atau yang juga dikenal sebagai R-22. Freon sendiri tidak hanya membahayakan lapisan ozon, tetapi pembuatan Freon dapat melepaskan produk lain ke atmosfer. Gas ini, yang disebut HFC-23 yang dapat berbahaya dan berkontribusi terhadap pemanasan global. Meskipun Freon sangat dibatasi dan diatur dalam penggunaannya, masih ada beberapa merk yang menggunakan Freon.

Cara kerja freon adalah sistem kumparan dan kompresor dengan memadatkan gas R-22 yang nantinya akan membuatnya sangat panas. Ketika gas ini bergerak melalui kumparan tersebut, udara mendingin dan berubah ke bentuk cair. Dalam bentuk ini, R-22 yang didinginkan menyerap panas dari udara luar, kemudian mendorong udara dingin kembali ke keluar. Ini adalah siklus konstan udara panas dan udara dingin keluar yang memberikan kenyamanan di rumah dan mobil Anda.

Setiap unit AC membutuhkan pendingin (Freon) untuk mendinginkan udara. Ketika cairan pendingin bocor, AC akan berhenti menghembuskan udara dingin. Lebih buruk lagi, kebocoran Freon ini dapat berbahaya bagi ozon. Tidak setiap masalah yang berhubungan dengan AC berarti terdapat kerusakan pada Freonnya. Untuk mengetahui ada masalah pada freon maupun kebocoran simak tanda-tanda di bawah ini :

  1. AC Tidak Dingin Meski Sudah Dicuci

Setelah mencuci AC rumah secara rutin, mengatur temperatur dengan benar, ukuran PK dan ruangan pun telah sesuai tapi masih belum dingin. Di sini bisa dicurigai kalau freon akan mengalami kerusakan.

  1. Muncul bunga Es

Selanjutnya tanda AC tidak dingin karena freon adalah munculnya bunga es di bagian pipa instalasi maupun evaporator. Penyebab umum karena kotoran atau debu yang menghambat tekanan sirkulasi udara dalam pipa. Oleh karena itu, rutinlah untuk merawat dan mencuci AC agar tidak ada kotoran atau debu yang tersumbat di pipa instalasi maupun evaporator.

  1. Unit Outdoor Tidak Mengeluarkan Suhu Panas

Pada bagian unit outdoor AC yang normal akan mengeluarkan suhu panas. Hal ini terjadi akibat dari proses pendinginan atau perubahan dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Jika suhu panas tidak muncul, bisa jadi tanda kurangnya tekanan gas freon sehingga proses pendinginan tidak terjadi.

  1. Lampu indicator berkedip

AC yang berjenis inverter biasanya terdapat lampu indikator yang memberikan tanda jika ada masalah pada freon. Masing-masing merek bisa berbeda-beda warna dan penandanya. Jadi, Anda perlu cek di buku panduan.

Jika Anda mengalami kerusakan pada freon AC rumah tangga maupun lingkup industri terkait freon, Anda bisa kunjungi website : “ https://ciptasolusielektrikindo.com/ “ untuk informasi selengkapnya.

Leave A Reply

Open chat