Pentingnya Menyesuaikan Jenis Isi Gas Freon Untuk AC

Sebagian besar masyarakat tentu saja sudah begitu terbiasa dengan penggunaan AC. Dimana AC ini dapat membantu untuk mendinginkan ruangan, terlebih sekarang ini cuaca sedang begitu panas. Namun terkadang terdapat suatu masalah dalam penggunaan AC tersebut, salah satunya adalah gas freon yang berkurang, sehingga diperluan isi gas freon.

Untuk isi gas freon sendiri sebenarnya dapat dilakukan sendiri, namun jika Anda tidak bisa atau tidak mengerti, sebaiknya jangan dilakukan. Ada baiknya jika Anda menggunakan layanan jasa service AC agar nantinya tidak menimbulkan masalah. Karena jika salah dalam isi gas freon tentunya akan menimbulkan bahaya tersendiri.

Terlebih gas freon sendiri memiliki beberapa jenis dan harus disesuaikan dengan AC yang Anda miliki. Apa saja jenis freon tersebut? Inilah beberapa di antaranya:

Freon R22
Yang pertama ada freon R22, yang merupakan jenis freon yang mempunyai potensi pemanasan dan perusakan ozon sekitar 0.05 jika dibandingkan dengan yang lainnya dimana hanya bernilai 0. Tetapi freon ini tidak mudah terbakar. Namun sekarang jenis freon ini tidak diizinkan oleh Pemerintah Indonesia.

Freon R410A
Kemudian yang kedua adalah freon R410A, yang mana tidak mempunyai potensi perusakan ozon. Dan untuk potensi pemanasan globalnya sendiri, freon ini mempunyai nilai cukup tinggi dibandingkan R22. Jenis freon ini juga tidak mudah terbakar.

Freon R32
Lalu yang ketiga ada freon R32, yang ditemukan Daikin Jepang di tahun 2012 serta mulai digunakan di tahun 2013. Jenis dari freon ini terbilang lebih ramah lingkungan dan mempunyai potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah jika dibandingkan yang lainnya. Namun potensi mudah terbakar memang lebih tinggi.

Freon R290
Selain itu ada freon R290 yang mempunyai potensi pemanasan global paling rendah, namun tingkat mudah terbakarnya juga lebih tinggi. Oleh karena itu banyak perusahaan AC yang tidak menggunakan freon jenis ini.

Untuk Anda yang masih bingung untuk menggunakan jenis freon apa, sebaiknya berkonsultasi ke customer service jasa service AC saja. Sehingga nantinya tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Anda bisa meminta bantuan teknisi Cipta Solusi Elektrindo untuk isi gas freon tersebut. Sehingga akan jauh lebih aman dan sesuai.

Leave A Reply

Open chat