Tips Merawat Kulkas Agar Awet dan Bertahan Lama

Jasa Service Kulkas

Kulkas merupakan barang rumah tangga penting kaya fungsi. Selain mempermudah penyimpanan, makanan juga tidak cepat basi dan terjaga tetap dingin. Kulkas juga merupakan alat elektronik yang bekerja selama 24 jam penuh setiap harinya. Sayangnya, jika kerja kulkas selama 24 jam perhari tidak diiringi dengan perawatan yang cukup baik nantinya dapat membuat kulkas rentan rusak dan tidak bertahan lama. Jangan tunggu rusak, bisa langsung cari Jasa Service Kulkas. Atau Anda bisa menjaga kulkas agar tetap berfungsi optimal.

Berikut penjelasan dan saran dari berbagai ahli yang dapat membantu Anda menghemat listrik serta menghindari biaya perbaikan tak terduga :

  1. Rutin membersihkan bagian belakang kulkas

Mungkin hal yang satu ini sering terlupa untuk membersihkan bagian belakang kulkas secara rutin karena bagian ini sering terlewat untuk dibersihkan maka banyak debu yang menempel pada kondensor. Untuk membersihkannya cukup gunakan lap untuk membersihkan debu yang menempel pada kulkas agar menjaga sistem pendinginan kulkas dapat beroperasi dengan maksimal.

  1. Jangan simpan makanan panas ke dalam kulkas

Kebiasaan terburu-terburu memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas sering kita sepelekan padahal nantinya akan berdampak buruk bagi kualitas kulkas. Sebelum menyimpan makanan, pastikan dinginkan makanan terlebih dahulu. Jika Anda menyimpan makanan panas, maka akan memperberat kerja kulkas Anda karena kulkas harus bekerja ekstra untuk mendinginkan makanan Anda.

  1. Perhatikan kesehatan kulkas

Banyak orang yang berfikir jika selama kulkas masih berjalan normal maka perbaikan pun belum diperlukan. Padahal pemikiran tersebut justru semakin menjauhkan Anda dari memperhatikan kesehatan kulkas.

Apa saja bagian kulkas yang perlu mendapat perhatian?

  1. Segel karet di sekeliling pintu kulkas. Segel karet atau plastik (gasket) berfungsi untuk menahan pintu kulkas agar tetap rapat. Jika tidak diperhatikan gasket bisa kotor, usang, dan jadi tidak berfungsi. Lakukan pembersihan secara berkala tiap 2-3 bulan sekali menggunakan air hangat, spons atau sikat gigi, dan sabun cuci piring. Lalu gosok dengan lembut kotoran pada segel.
  2. Kumparan kondensor.

Kumparan kondesor yang tertutup debu akan mudah panas, membuat kompresor rusak. Tergantung dengan jenis kulkasnya, jika akses kumparan kondensor dari belakang atau bagian bawah depan, yaitu cabut kulkas, dan gunakan vakum atau bulu sikat untuk membersihkan kumparan setidaknya dua kali setahun.

  1. Aturan tata letak penyimpanan makanan pada kulkas

Selanjutnya perhatikan tata letak penyimpanan makanan dalam kulkas. Meletakkan makanan dalam kulkas tidak boleh sembarangan, selain menimbulkan bau tak sedap dan mempercepat kerusakan, kelembapan makanan yang dinetralisir kulkas juga berdampak berbahaya bagi kesehatan makanan dan isi kulkas.

Untuk Jasa Service Kulkas bisa hubungi kami atau kunjungi www.ciptasolusielektrindo.com

Baca Juga :

Tanda-Tanda Freon Ac Rumah Perlu Diisi

Leave A Reply

Open chat